Logo RMPlus

Menu Close

Langkah Tepat Mengembalikan Reputasi di Tengah Masalah

Langkah Tepat Mengembalikan Reputasi di Tengah Masalah

“It takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about that, you’ll do things differently.”

  • Warren Buffet

Bisa disepakati, reputasi adalah aset termahal bagi individu profesional atau juga perusahaan. Membutuh waktu memupuknya bertahun-tahun agar kumpulan kesan positif tersebut dapat tumbuh menjadi reputasi yang solid. Citra positif dijaga bukan hanya untuk pelanggan saja, calon mitra, karyawan, dan stakeholder lainnya juga amat dipengaruhi reputasi yang Anda miliki. Tak dapat dimungkiri, reputasi bisa tercoreng dari dalam maupun luar kapasitas organisasi. Apa yang dapat dibangun ke atas, juga bisa jatuh ke tanah, apa yang bisa jatuh ke bawah juga dapat dibangun ke atas, lagi.

bagaimana cara membangun reputasi perusahaan

Mengutip tulisan praktisi komunikasi Budi Purnomo, Direktur Sekolah Komunikasi di University of Florida (UCF), sekaligus seorang profesor bidang komunikasi Prof. Robert Chandler, setidaknya merinci 4 langkah yang bisa memandu organisasi sebagai strategi pemulihan citra, berikut penjelasannya:

reputasi 1
Corrective Action Strategy (Strategi Korektif)

Komunikasikan masalah dengan sangat jelas dan eksplisit, kemudian ambil langkah terukur untuk memperbaiki masalah tersebut. Kuncinya, terima bahwa organisasi melakukan kesalahan dan punya itikad untuk memperbaikinya.

reputasi 2
Compensation Strategy (Strategi Kompensasi)

Langkah ini cenderung untuk menunjukkan bahwa Anda atau organisasi Anda beritikad baik dan memberikan kesan bahwa masalah yang terjadi juga akan berakhir baik. Salah satu langkah yang dapat diupayakan adalah menawarkan kompensasi atau ganti rugi kepada pihak yang terdampak.

reputasi 3
Acceptance Strategy (Strategi Menerima)

Dalam tujuan memulihkan citra, menerima kesalahan dan bertanggung jawab merupakan tindakan yang tepat. Sebab, respon negatif seperti menolak, menghindar, dan “cuci tangan” dipercaya kurang efektif untuk memulihkan citra organisasi.

reputasi 4
Bolstering Strategy (Strategi Penguatan)

Upayakan untuk tetap fokus pada hal-hal positif dari perusahaan Anda. Ingatkan kesuksesan atau pencapaian masa lalu untuk melancarkan proses pemulihan reputasi baik organisasi.

Harapannya, empat strategi ini bisa mendampingi perusahaan yang tengah mengembalikan reputasi positifnya sekaligus juga mempersiapkan perusahaan lain untuk lebih siap dalam merespon masalah yang berhubungan erat dengan reputasi.

Share
  • Categories

  • Topics

  • Follow Us

  • Recent Posts

  • @officialrwi