Certification Program

Certified Risk Associate (CRA®)

®)">

RWI Consulting – Pendekatan dalam pelatihan Certified Risk Associate (Sertifikasi CRA) ini menggunakan standar ISO 31000:2018 sebagai alat pengelolaan risiko dan telah disesuaikan dengan regulasi terkini manajemen risiko yang berlaku pada lingkup BUMN yaitu pada PER-2/BUMN/MBU/03/2023.

Dengan memahami prinsip, kerangka kerja, dan proses dari manajemen risiko, peserta akan memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang proses manajemen risiko sesuai dengan ISO 31000:2018 serta PER-2/BUMN/MBU/03/2023 dan akan mampu mengembangkan pendekatan dan proses implementasi yang lebih efektif di perusahaan.

Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta dapat mengikuti Uji Kompetensi sebagai profesional manajemen risiko oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM)

Manfaat Sertifikasi Certified Risk Associate (CRA)

  • Peningkatan Kompetensi Profesional
  • Pengakuan Resmi
  • Pengembangan Karir 
  • Kredibilitas dan Reputasi
  • Akses ke Jaringan Profesional
  • Pemenuhan terhadap peraturan dan standar yang berlaku

Tujuan Sertifikasi Certified Risk Associate (CRA) 

  • Meningkatkan Pemahaman tentang Manajemen Risiko
  • Mengasah Keterampilan Praktis
  • Memastikan Kompetensi Profesional
  • Memfasilitasi Pengembangan Karir
  • Membangun Dasar untuk Sertifikasi Lanjutan 

Certified Risk Associate – Modul Manajemen Risiko

  1. Mengelola risiko melakukan evaluasi konteks internal dan eksternal perusahaan.
  2. Mendefinisikan kriteria risiko menentukan risk owner dan fungsi terkait untuk setiap kejadian risiko.
  3. Melakukan penentuan skala prioritas terhadap risiko-risiko.
  4. Melakukan evaluasi untuk memperkirakan risiko-risiko yang dapat diterima (tolerable).
  5. Menetapkan risiko-risiko yang akan dilakukan tindakan penanganan selanjutnya.
  6. Menentukan strategi penanganan risiko.
  7. Mendokumentasikan risiko-risiko ke dalam risk register.

Metode Uji Kompetensi

  • Langsung: Observasi demonstrasi
  • Tidak langsung: Verifikasi portofolio dan atau konfirmasi pihak ketiga
  • Tambahan: Wawancara atau tes tertulis

Certified Risk Associate – Asesmen

  1. Konsultasi
    Menentukan metode uji yang akan diikuti peserta (Uji tertulis, ceklis portofolio dan uji wawancara).
  2. Uji Tertulis
    Peserta mengerjakan uji tertulis dengan sebanyak 100PG dengan waktu 120 menit.
  3. Ceklis Portofolio
    Peserta akan 1on1 dengan asesor untuk verifikasi dokumen yang dilengkapi, salah satunya tugas risk register.
  4. Uji Wawancara
    Setelah ceklis portofolio akan dilanjutkan ke uji wawancara, dimana asesor kami akan menggali kompetensi peserta melalui beberapa pertanyaan.

Keputusan Hasil Asesmen dan Penerimaan Sertifikat

  1. Keputusan Hasil Asesmen
    Setelah mengikuti rangkaian asesmen, peserta akan mendapatkan rekomendasi dari asesor, dan akan mendapatkan Surat Hasil Asesmen kurang lebih 2 pekan setelah dilaksanakannya asesmen.
  2. Penerimaan Sertifikat
    Jika Hasil Akhir dalam Surat Hasil Asesmen dinyatakan kompeten maka Peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi lisensi BNSP yang diproses kurang lebih 1 bulan dari diterimanya Surat Hasil Asesmen.

Syarat Pendaftaran dan Proses Asesmen

1. Peserta melengkapi APL 01, dokumen yang perlu dilengkapi:
  • KTP
  • Foto diri
  • Sertifikat Pelatihan
  • Ijazah
  • CV
2. Setelah melengkapi APL 01, dokumen akan diminta melengkapi tugas kerja (risk register) dan sertifikat pendukung:
  • Risk register dalam format excel (xlsx) dan presentasi (ppt/pdf)
  • Sertifikat pendukung manajemen risiko (jika ada)
  • Sertifikat Pelatihan
  • Hasil Pekerjaan (ditempat kerja dan bukan saat pelatihan)
  • SK penugasan yang relevan dengan UK
  • Surat Keterangan Kerja/Surat Keterangan magang yang relevan dengan UK
  • Job Description
  • Sertifikat Kompetensi/Lisensi
®)">
Top