Enterprise Risk Management

Risk Appetite and Risk Tolerance

Pelatihan ini mengulas Risk Tolerance dan Risk Appetite sebagai bagian penting dari pengelolaan risiko korporat, menyoroti pentingnya menetapkan kriteria keberterimaan risiko dalam RKAP.

Materi mencakup adaptasi Matriks Eksposur Risiko dan Kriteria Risiko berdasarkan perubahan faktor eksternal dan internal, serta pengelompokan risiko ke dalam kategori selera risiko untuk mendukung pencapaian KPI perusahaan.

Course Overview

Dalam rangka mewujudkan visi, misi, layanan, dan sasaran-sasaran perusahaan yang telah ditetapkan, perusahaan perlu menetapkan kriteria yang jelas terkait keberterimaan risiko (risk acceptance criteria) sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap pengelolaan risiko secara efektif. Kriteria keberterimaan risiko mencakup kebijakan mengenai risk appetite dan risk tolerance perusahaan.

Risk Tolerance merujuk pada tingkat toleransi tertinggi dan atau terendah terhadap besaran deviasi dari berbagai ukuran yang tertuang di dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). Tingkat toleransi ini dijabarkan dalam bentuk Matriks Eksposur Risiko (Risk Exposure Matrix) dan Kriteria Risiko (Risk Criteria). Kriteria Risiko dan Matriks Eksposur Risiko dapat ditinjau sewaktu-waktu apabila terjadi perubahan pada faktor-faktor eksternal dan internal perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan RKAP.

Dengan demikian, risk appetite dan risk tolerance merupakan sikap atau pendirian perusahaan terhadap seluruh jenis risiko yang dimiliki perusahaan. Dengan menempatkan jenis-jenis risiko tersebut ke dalam zona selera risiko yang berbeda-beda misalnya sangat rendah, rendah, menengah, dan tinggi perusahaan menegaskan pendiriannya mengenai jenis-jenis risiko yang dihadapinya terkait dengan pencapaian dan sasaran KPI perusahaan.

Hasil yang Diharapkan

Setelah mengikuti program ini, peserta akan memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang Risk Appetite dan Risk Tolerance dan akan dapat mengembangkan pendekatan dan proses implementasi yang lebih efektif.

Materi Bahasan

  • Pengertian dan arti penting penerapan Manajemen Risiko bagi Perusahaan berbasis ISO 31000:2018
  • Arti penting dan konsep Risk Appetite dan Risk Tolerance
  • Implementasi Risk Appetite dan Risk Tolerance dalam Proses Bisnis
  • Penyusunan Risk Appetite dan Risk Tolerance

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut

Hubungi konsultan profesional kami

Top