Logo RMPlus

Menu Close

Sasaran Perusahaan dan Manajemen Risiko, Ada Kaitannya?

Sasaran Perusahaan dan Manajemen Risiko, Ada Kaitannya?

“Enterprise risk management is a process, effected by an entity’s board of directors, management and other personnel, applied in strategy setting and across the enterprise, designed to identify potential events that may affect the entity, and manage risk to be within its risk appetite, to provide reasonable assurance regarding the achievement of entity objectives.” – COSO 2004. (Sasaran Perusahaan Manajemen Risiko).

Definisi Enterprise Risk Management (ERM) di atas menegaskan keterkaitan antara pengelolaan risiko dengan pencapaian sasaran-sasaran organisasi. Dalam konteks visi dan misi organisasi, manajemen secara berkala menetapkan berbagai sasaran organisasi dan strategi untuk mewujudkannya serta melakukan penyelarasan secara top down dan bottom up melalui proses perencanaan perusahaan dan formulasi strategi.

Sasaran-sasaran tersebut dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) kategori berikut ini:

  • Strategic objectives – sasaran-sasaran high-level, dirancang selaras dan dimaksudkan untuk mendukung pencapaian misi organisasi;
  • Operations objectives – sasaran-sasaran operasional yang bersifat jangka pendek untuk mendukung pencapaian sasaran-sasaran stratejik dengan memanfaatkan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien;
  • Financial objectives – sasaran-sasaran finansial yang hendak dicapai organisasi sejalan dengan sasaran stratejik dan operasi yang telah ditetapkannya;
  • Compliance objectives – sasaran-sasaran kepatuhan terhadap berbagai kebijakan, peraturan, dan regulasi terkait termasuk sasaran pelaporan kepada para stakeholders.

Kita sadari bahwa pencapaian sasaran-sasaran tersebut di atas tidak sepenuhnya berada dalam kendali organisasi, melainkan dipengaruhi juga oleh peristiwa-peristiwa eksternal yang berdampak signifikan terhadap kemampuan organisasi untuk mewujudkan sasaran-sasaran tersebut. Itulah sebabnya organisasi membutuhkan ERM guna mengidentifikasi dan mengelola berbagai perubahan, ketidakpastian, dan risiko yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi mewujudkan sasaran-sasarannya, baik yang berdampak positif maupun negatif.

Top Down Process: Cascading of Objectives
Bottom Up Process: Aligning of Objectives and Related Business  Processes

Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan risiko berbagai sasaran pada ke empat kategori di atas perlu di-cascade dan diselaraskan (alignment) seperti pada contoh di atas yang pernah kami kembangkan di salah satu klien kami. (Sasaran Perusahaan Manajemen Risiko).

Baca juga Risk Recording dan Reporting, Proses Apa Itu?.

Share
  • Categories

  • Topics

  • Follow Us

  • Recent Posts

  • @officialrwi