Enterprise Risk Management

Risk Maturity Level (RML) Assessment

Kursus ini fokus pada penilaian Risk Maturity Level (RML) menggunakan model dan skala yang sesuai dengan standar manajemen risiko seperti ISO 31000:2018 atau COSO 2017.

Tujuannya adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan tingkat kematangan manajemen risiko organisasi. Penilaian ini penting untuk memberikan keyakinan kepada pengurus dan stakeholder tentang efektivitas penerapan manajemen risiko dalam mencapai tujuan organisasi, serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan di masa depan.

Course Overview

Risk maturity level (RML) assessment dilakukan dengan menggunakan model dan skala pengukuran yang dapat mencerminkan keterpenuhan berbagai persyaratan yang ditetapkan dalam standar manajemen risiko yang digunakan di suatu organisasi, misalnya ISO 31000:2018 Risk Management Guideline atau COSO 2017 Enterprise Risk Management Integrating with Strategy and Performance.

Penilaian tingkat kematangan dan efektivitas penerapan manajemen risiko dilaksanakan dengan tujuan menilai tingkat efektivitas penerapan manajemen risiko organisasi dan tingkat kematangan organisasi, memberikan keyakinan kepada pengurus organisasi dalam pemberian asersi mengenai efektivitas penerapan manajemen risiko, memberikan keyakinan kepada stakeholder bahwa penerapan manajemen risiko organisasi telah memadai dalam mencapai tujuan yang diharapkan, dan memberikan rekomendasi kepada pengurus organisasi menyangkut perbaikan manajemen risiko di masa yang akan datang (areas of improvement).

Hasil yang Diharapkan

Setelah mengikuti refreshment program ini, peserta akan memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang Risk Maturity Assessment dan akan dapat mengembangkan pendekatan dan proses implementasi yang lebih efektif.

Materi Bahasan

  1. Penilaian terhadap tingkat kematangan manajemen risiko
  2. Laporan RML Assesment perusahaan
  3. Rekomendasi dan Roadmap peningkatan penerapan manajemen risiko
  4. Assesment Methodology
  5. Tingkat Kematangan Risiko

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut

Hubungi konsultan profesional kami

Top