Mengapa Manajemen Risiko Diperlukan Dalam Bisnis?

Mengapa Manajemen Risiko Diperlukan Dalam Bisnis?

RWI Consulting – Risiko merupakan kata yang sering kita dengar bahkan hampir setiap hari. Risiko dapat terjadi di mana saja, bisa datang kapan saja, dan sulit untuk dihindari. Mengapa Manajemen Risiko Diperlukan Dalam Bisnis?

Berkaitan erat dengan ketidakpastian, setiap aktivitas yang dilakukan saat ini pasti memiliki risiko atau ketidakpastian yang terjadi di masa yang akan datang.

Mengapa Manajemen Risiko Diperlukan Dalam Bisnis?

Dalam berbisnis, memperkirakan segala kemungkinan yang terjadi merupakan masalah yang serius untuk antisipasi jika terjadi kegagalan.

Dalam proses manajemen risiko bisnis atau risk management, menganalisa atau mengelola risiko akan berpengaruh terhadap tata kelola suatu perusahaan. Kejadian seperti bencana alam, masalah sumber daya, dan lainnya bisa saja menimpa sebuah usaha.

Oleh karena itu, proses manajemen risiko penting untuk dilakukan agar dapat mengurangi bahkan menghilangkan kemungkinan yang dapat terjadi.

Salah satu manfaat manajemen risiko untuk membantu perusahaan memahami, mengevaluasi, dan mengambil tindakan atas semua risiko mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan dan mengurangi kemungkinan kegagalan.

Dengan memahami lebih dulu kemungkinan risiko yang bisa timbul, maka perusahaan bisa segera mengambil tindakan strategis yang dapat meminimalisir risiko. Harapannya, dengan persiapan lebih dini tidak mengganggu operasional bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan. 

Dalam dunia bisnis, banyak risiko bagi perusahaan yang perlu dipahami dan dicegah. Jika perusahaan tersebut tidak bisa mengelola dan menghindari risiko dengan baik, maka organisasi tersebut bisa mengalami kerugian yang signifikan.

Karena itu risiko yang dihadapi oleh perusahaan tersebut juga harus dikelola, agar perusahaan bisa bertahan, atau optimalisasi risiko yang mungkin terjadi. 

manajemen-risiko-untuk-bisnis

Jika perusahaan terlambat atau belum menerapkan manajemen risiko, berikut adalah beberapa dampak negatif yang dapat terjadi:

  • Sulit mengambil keputusan dalam melindungi perusahaan dari kerugian/ kebangkrutan
  • Kerangka kerja perusahaan menjadi tidak efektif dan efisien
  • Menurunkan kinerja bisnis, perusahaan tidak proaktif dalam mengambil langkah untuk mengurangi ancaman
  • Sulit melakukan proses monitoring terhadap efektivitas strategi perusahaan
  • Tidak ada persiapan jika terdapat risiko di masa yang akan datang
  • Konsekuensi terbesar jika tidak melakukan manajemen resiko adalah tentu saja ketika sebuah perusahaan menghadapi permasalahan yang mengancam, mereka tidak memiliki persiapan yang memadai untuk mengatasinya
Risk-Awareness-&-Competency-Building

Manfaat Manajemen Risiko

Namun, melakukan manajemen risiko bukan berarti hanya melihat celah negatif dari sebuah organisasi. Justru, dengan strategi manajemen risiko sebuah perusahaan bisa lebih memahami kekurangan dan mengenali kelebihan. Kelebihan inilah yang bisa digunakan perusahaan untuk semakin berkembang dan bertahan di segala situasi. Selain itu, manfaat lain penerapan manajemen risiko untuk perusahaan adalah:

  • Mengetahui cara atau metode yang tepat untuk menghindari atau mengurangi besarnya kerugian yang dapat diderita oleh perusahaan, sebagai akibat dari ketidakpastian dari peristiwa yang merugikan
  • Meningkatnya harapan pemangku kepentingan dan kemudahan komunikasi yang semakin meningkat
  • Membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dan peningkatan efisiensi lewat analisis risiko
  • Berkontribusi pada penyediaan jaminan yang lebih besar kepada pemangku kepentingan
  • Risiko yang telah diidentifikasi dan langkah-langkah yang tepat diambil untuk mengelola risiko ke tingkat yang sesuai

Penting untuk membuat perusahaan Anda mampu bertahan, stabil, bahkan berkembang di tengah situasi yang tak menentu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan konsultasi manajemen risiko bersama RWI. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Top