Pengelolaan Keuangan yang Cerdas dan Strategis dengan Risk Based Budgeting 

Pengelolaan Keuangan yang Cerdas dan Strategis dengan Risk Based Budgeting 

RWI ConsultingBudgeting adalah instrumen keuangan yang penting dalam sebuah bisnis. Setiap bisnis tidak bisa lepas dari Budgeting. Salah satu pengelolaan keuangan yang cerdas mesti dilandasi dengan risk based budgeting.

Rencana budgeting membantu menciptakan stabilitas keuangan organisasi dan persiapan menghadapi tantangan atau risiko yang tidak terduga.  

Tantangan atau risiko yang tidak terduga yang melekat pada suatu bisnis harus dapat diramalkan agar suatu bisnis dapat memperkirakan anggarannya mendekati realisasi dan melakukan optimalisasi sumber daya bisnis. 

Baca juga: Pengaruh Manajemen Risiko Pada Organisasi

Dalam dunia bisnis yang penuh ketidakpastian, pengelolaan keuangan yang proaktif dan strategis menjadi kunci untuk keberlanjutan usaha.  

Salah satu metode yang kian populer untuk mencapai hal ini adalah Risk Based Budgeting (RBB). Melalui pendekatan ini, perusahaan dapat lebih adaptif dan tangguh menghadapi risiko yang mungkin muncul. 

Apa itu Risk Based Budgeting? 

Menurut Peraturan Menteri BUMN PER-2/MBU/03/2023, RBB adalah metodologi perencanaan dan penganggaran yang mengintegrasikan pengelolaan risiko ke dalam proses penganggaran. 

Ini berarti, bukan hanya melihat angka-angka proyeksi biasa, tapi juga mempertimbangkan risiko yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan finansial dan operasional perusahaan.  

Pendekatan ini membantu perusahaan menetapkan prioritas pada risiko-risiko yang paling kritikal dan mengalokasikan sumber daya untuk mengatasi atau memitigasi risiko tersebut. 

Mengapa Risk Based Budgeting Penting? 

1. Pengalokasian Sumber Daya yang Efektif:  

Dengan mengidentifikasi dan memprioritaskan risiko, perusahaan dapat mengalokasikan sumber dayanya secara lebih efisien.  

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada area yang membutuhkan perhatian lebih karena potensi dampaknya yang besar terhadap operasional dan keuangan. 

2. Peningkatan Ketangguhan Bisnis:  

RBB membantu perusahaan menjadi lebih tangguh dengan mempersiapkan mereka menghadapi kemungkinan hambatan. Dengan strategi yang telah disiapkan, perusahaan bisa lebih cepat beradaptasi dan pulih dari gangguan. 

Top