Pengertian ERM dan Manfaatnya untuk Meringankan Risiko Bisnis

Pengertian ERM dan Manfaatnya untuk Meringankan Risiko Bisnis

RWI Consulting – Pengertian Enterprise risk management (ERM) adalah salah satu cara untuk memandang manajemen risiko secara strategis dari perspektif seluruh perusahaan atau organisasi.

ERM merupakan top-down strategy, berarti seluruh pengambilan keputusan terjadi pada tingkat tertinggi jabatan dan kemudian dikomunikasikan ke seluruh tim hingga level paling kecil.

Berbeda dengan risk management pada umumnya, enterprise risk management (ERM) memiliki pendekatan lebih modern.

Pengertian ERM dan Manfaatnya untuk Meringankan Risiko Bisnis

Enterprise risk management (ERM) mengelola risiko sebagai kesatuan yang holistik, tidak bisa berdiri sendiri dan sebisa mungkin dilakukan dalam setiap unsur di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Penggunaan enterprise risk management (ERM) ditujukan untuk mengidentifikasi, menilai, dan mempersiapkan potensi kerugian atau potensi bahaya lainnya yang dapat mengganggu operasi perusahaan.

ERM-Implementation
ERM-Implementation

Contohnya dalam membangun Standard Operating Procedure (SOP) yang baik untuk operasional perusahaan. Mempersiapkan perusahaan untuk menangani bahaya yang mungkin terjadi lewat pengelolaan risiko, bisa sangat membantu saat masa krisis di masa depan.

Pengelolaan enterprise risk management (ERM) umumnya dikelompokkan menjadi 3 kategori: operasional, finansial, dan strategis. Ketiga kategori ini penting dan saling berkesinambungan untuk mempertahankan perusahaan di masa kini, bahkan hingga di masa depan.

Kategori risiko operasional adalah hal yang berhubungan dengan tata kelola kegiatan rutin atau sehari-hari dan berhubungan dengan penggunaan sumber daya, seperti peraturan karyawan.

Risiko finansial adalah segala risiko yang berdampak pada situasi ekonomi dan kesehatan organisasi. Terakhir, risiko strategis yang melihat rencana sebuah perusahaan kedepannya.

Dengan menjalankan enterprise risk management (ERM), dapat ditemukan berbagai kesempatan dan kemungkinan yang akan dihadapi oleh perusahaan.

Mempersiapkan ERM berarti perusahaan serta manajemen bersikap responsif dan proaktif terhadap peristiwa apapun yang terjadi. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir dampak merugikan terhadap proses eksekusi strategi bisnis perusahaan maupun performa keseluruhan dari organisasi.

Manfaat ERM

Keuntungan Menerapkan ERM pada Perusahaan (RWI/Dwi Pratiwi Putri)

Manfaat menerapkan ERM untuk perusahaan:

  • Memperkuat Pengawasan
    Mengaplikasikan ERM berarti melihat secara detail setiap hal yang sudah berlangsung dalam organisasi dan memberikan evaluasi. Dengan pengecekan yang detail, secara tidak langsung juga mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperhatikan untuk kemajuan perusahaan. 
  • Meninjau Kelemahan dan Kekurangan
    Dalam proses manajemen risiko, perusahaan akan menilai kembali hal baik yang bisa dipertahankan dan melihat kekurangan yang masih ada. Tentunya, mengenal perusahaan dengan lebih baik bisa membuat perusahaan semakin kuat dan bertahan di berbagai situasi.
  • Meningkatkan Akurasi Analisis Manajemen Risiko
    Lewat hasil audit yang mendalam, maka penyusunan strategi perusahaan juga semakin akurat. Dengan begitu, prediksi dan persiapan terhadap berbagai risiko juga bisa dilakukan secara efektif dan efisien. 

Enterprise Risk Management (ERM) adalah pendekatan yang kritis dalam mengelola risiko perusahaan secara efektif.

Dengan memahami definisi, peran, komponen, dan manfaat dari ERM. Perusahaan dapat membangun fondasi yang kokoh untuk menghadapi tantangan risiko yang kompleks dan beragam dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah.

Membangun strategi, kerangka kerja, dan sistem yang dibutuhkan untuk mengelola risiko secara efektif. Pelajari di sini!

Top